Skip to main content

Holiday Time!!!!

Yeah! I Love Holiday! Gak tanggung-tanggung, liburan kali ini diberi nama Tour East Java. Yup, lokasi liburanku kemaren adalah Jawa Timur. Benernya biasa aja sih ke Jatim. Sering gitu logh. Soalnya banyak sodara yang tinggal tersebar di Jatim. Cuman yang kali ini agak beda soalnya aku sekeluarga mampir ke.... Eits, ntar aja aku ceritain dibawah ini [sok suci banget]....

Tanggal 16 Agustus
Gak langsung berangkat pagi2, soalnya masing2 anggota keluarga punya kesibukan sendiri2. Termasuk saya yang pagi itu kudu ngambil topi UGM. Suckz, antreannya kayak antrean orang2 mo boker pagi2. Panas banget udaranya pagi itu. Sempet ketemuan ma Reza, temen SMP. Tambah gokil aja niy orang.Trus juga ketemuan ma temen2 SMA kayak Bizz, Ika, Nisa, Yoyok, Dewa, dll. Seneng banget ketemu ma mereka. Serasa masih SMA... hikss... sekarang udah mahasiswa ;( Abis perjuangan ngambil topi, aku langsung pulang, PACKING! Ga sabar!

Akirna saya sekeluarga berangkat jam 4 sore. Wakaka...tadinya dijadwal berangkat jam 2 siang. Tapi karena emang dasarnya saya sekeluarga hobi ngaret [ihh.. hobi kok ngaret?], jadinya berangkat 2 jam kemudian ;D . Sempet mampir ke kota SOLO buat maem NASI LIWET 'WONGSO LEMU' . Aduw, Sumpah! Uenak banget deh nasi liwetnya! Iyalah enak, mahal jhe! Satu piring harganya 10000! Pheww....

Tanggal 17 Agustus
Sesuai rencana, aku sekeluarga tidur di rumah sodara yang di Situbondo. Lumayan jauh dari Surabaya. Nyampe sana jam 2 pagi! Gile, itu juga masih disambut makanan khas Situbondo ma yang tuan rumah, yaitu Sate Burung Dara. Mmm... lumayan enak, bumbunya kayak bumbu pecel+sate. Nyammi!!! Trus pagi hari acaranya kosong, liat pengibaran bendera di TV. Hmmm, yang bawa bendera cantik tuh.. ;D Oh iya, pas hari itu aku sempet ngicipin Es Sirup Gula Asem, yang katanya khasnya Situbondo. Mmmm... enak banget! Pas banget ma selera aku yang doyan minuman manis-asem! Siangnya maem Sate Sapi khas Situbondo. Nyammm!

Nah, jam 3 sore aku sekeluarga langsung melanjutkan perjalanan rumah sodara di Banyuwangi. Perjalanan Situbondo-Banyuwangi memakan waktu 2 jam. Di jalan sempet kejebak ma karnaval 17an. Ada yang kejebak gara2 lomba gerak jalan ala tonti gitu. Ada juga gara2 kejebak ma fashion show daerah tersebut. Wuhhuuw... salut deh buat mbaknya yang pake baju Banyumasan+dandanannya yang super duper menor. Pasti mbaknya punya PD yang amat sangat tinggi sekale ;D . Nyampe Banyuwangi jam 5 sorean. Kan rumah sodaraku nglewatin pelabuhan, jadinya kita kesananya lewat pinggir laut. Tau gak, Pulau Balinya keliatan dari sini! Wow, serasa cuman beberapa meter gitu. Jadi pengen kesana saya... Anyway, abis dari rumah sodara, kita langsung tancap gas ke TAMAN NASIONAL ALAS PURWO. Nah, ini dia yang paling aku tunggu n bikin liburan kali ini begitu spesial. Alas Purwo merupakan salah satu taman nasional terbesar di Indonesia. Banyak banget flora fauna yang selama ini cuman bisa aku liat di buku, bisa aku liat langsung disana. Jalan ke Alas Purwo pas malem bener2 freaky banget. Serem abis! Bayangin aja, kita naek mobil di dalem hutan hujan tropis yang masih perawan gitu. Sama sekali ga ada lampu. Adanya cuman lampu mobil aja. Brrrr.... Akirnya kita nyampe di tempat penginapannya jam 10 malem! Wew, penginapannya lumayan asik. Model rumah panggung gitu. Trus kita juga makan malem di hutan. A very nice experience! ;D

Tgl 18 Agustus
Pagi-pagi buka pintu penginapan langsung disambut ma kera abu-abu [Macaca fascicularis], mirip kayak kera di Sangeh, Bali. Ini kera kayaknya uda terbiasa hidup ma manusia, soalnya waktu kita kasih makan, mereka maju mpe tangan. Nurut banget! Oh iya, lokasi penginapan aku di Trianggulasi, jejernya ada pantai yang bersih banget! Ga ada sampah ato limbah! Sempet maen2 di laut ma kakakku. Abis dari laut kita skluarga jalan ke Sadengan. Disini kita bisa liat banteng [Bos Javanicus] ma merak [Pavo muticus]. Seneng banget biasa liat 2 species hewan ini. Soalnya di Jogja emang ga ada sih ;P Bantengnya lucu. Di kakinya ada kayak 'kaos kaki' warna putih. Subhannallah, disini juga sesekali lewat elang Jawa, jenis elang paling langka yang belom pernah aku liat langsung! Soalnya elang Jawa sekarang jumlahnya sedikit banget, en cuman ada di gunung+TN tertentu. Tu elang terbang rendah diantara sabana. Keren! Abis dari sini kita ke Ngagelan, tempat pemeliharaan tukik [anak penyu]. Jaraknya lumayan jauh, sekitar 15 km. Di Ngagelan kita skluarga sempet dikasi liat n kasi pegang tukik jenis leatherback turtle [Dermochelys coriacea], n olive ridley turtle [Lepidochelys olivacea] ato jenis penyu warna merah yang konon langka banget di dunia ini! Umph! I really love this moment! Sedikit sedih, kalo nginget telur n daging penyu masih diburu n dimakan orang. Apa mereka ga liat perjuangan ibu penyu gali tanah, trus bertelur, trus balik lagi ke laut? Itu butuh perjuangan, bung! Dasar, emang manusia tu maruk! Anyway, beruntung banget Alas Purwo merupakan tempat bertelur rutin 4 jenis penyu [jenis penyu di dunia cuman ada 7, dan 4 ada disini! Bayangkan!], yaitu green turtle [Chelonia mydas], leatherback turtle [Dermochelys coriacea], hawkbill turtle [Erithmochelys imbricata] dan olive ridley turtle [Lepidochelys olivacea]. Keren! Disini aku juga sempet ngelepas tukik jenis leatherback turtle [Dermochelys coriacea] ke laut. Duh, kasian banget ngeliat perjuangan mereka mpe ke laut. Uda mpe laut masih dihempas ombak pantai selatan yang ganas banget. Yah, tapi itulah hidup. Abis dari Ngagelan kita sempet mampir ke Pura Hindu yang pas sempet dipake lokasi Uji Nyali Dunia Lain minggu lalu! Emang sih, ini pura bukan tipe pura modern, tapi mirip pura jaman Majapahit yang ada di tipi itu tuh. Serem! Gak heran dipake lokasi uji nyali. Trus sempet mampir ke pub Alas Purwo di Plengkung. Eh, di jalan sempet ketemu ma lutung [Presbytis cristata], rusa [Cervus timorensis], ama kijang [Muntiacus muntjak]. Keren! Anyway, pub disini lumayan keren buat ukuran sebuah Taman Nasional. Banyak bule bo! Disini sempet diajarin bilyard ma kakakku. Susah, ternyata! Sayang di Alas Purwo cuman sebentar banget! Waaaaaaa.... Gak puas! Pokoknya aku kudu ke sana lagi! Moga2 aja kulliah besok ada penelitian Geofisika disana [eh apa hubungannya ya?]. Amien.

Jam 10 pagi kita pulang ke Banyuwangi lagi. Sempet makan pagi-menjelang-siang di Muncar, pelabuhan ikan paling gede se-Jawa. Nyammy, enak banget! Abis dari Banyuwangi kita tancep gas ke Jember. Wah, belom pernah nih aku ke Jember. Seneng bisa mampir ke Jember. Tata kota Jember kayakna perlu dibenahi nih *Nglirik nien*. Soalnya mawut gitu jalannya. Disini mommy sempet beli panci madura. Pancinya aneh. Bentuknya ga meyakinkan. Gak mbentuk. Trus kita melanjutkan perjalanan ke Surabaya. Disini kita nginep lagi di rumah sodara. Nyampe disana disuguhi udang goreng! Wueh... ngiler nih..

Tgl 19 Agustus
Hari ini maen2 ke JMP, beli topi skater yang jaring2 itu tuh. Akirna nemu di salah satu toko. Keren. Warnanya item, my fav colour! Biasanya topi ala ini kan bicolour, tapi ini satu warna aja. Justru itu yang aku cari. Mo aku pake ospek ah! ;D Dari JMP mampir ke Pulau Madura, nengok sodara yang disana. Wuuhuuu, dari Surabaya ke Madura naek kapal. Keren. Bisa ngeliat laut malem2. Sayang, lautnya kotor banget! Dasar manusia bejat! ;( Nah nyampe Madura langsung ke rumah sodara, ketemu adek keponakan yang masih 5 bulanan itu. Imut banget. Namanya Daffa. Sukanya cuman digendong ma ortunya+manusia berjenis kelamin cowok aja. Aneh banget ni anak. Aku juga sempet nggendong. Suer deh, kalo disuruh nggendong bayi aku tuh bingung banget. Iki pie carane?? Soalnya kan aku anak bungsu jadinya gak pernah nggendong bayi. ;P Btw, di Madura makan malemnya Soto Madura! Gile, kuahnya banyak amat, Mas! Selese makan soto, malem itu juga balik ke Surabaya.

Tgl 20 Agustus
Hari ini ga kemana2. Nongkrong sendirian di rumah sodara. Ga ikod nyokap bokap ke mall. Males. Jadinya cuman liat2 piaraan sodaraku di halaman rumah aja. Wuah! ada ayam kate yang dulu aku kasih ke sodaraku. Masih hidup. Trus ada kucing warna kuning yang jinak banget. Mau dipangku+dielus2. Ada juga ikan louhan, n ikan beta.

Malemnya jam 12, kita skluarga pulang ke Jogja. Kenapa malem2? Karena kita kan nonton Indonesian Idol dolo. Wah, sayang Nania keluar. Emang tu Delon, cowok pembawa sial di Indonesia Idol! Nyampe Jogja jam 5 pagi.

-END-

Whoa! Itulah perjalanan liburan saya! Paling berkesan deh liburan kali ini. Kapan lagi ya bisa ke Alas Purwo? Kapan-kapan, tapi sekarang kudu fokus kuliah dulu, butul? Eh iya, akirnya Indonesia dapet emas Olimpiade. Keren! Salut dan selamat buat Taufik Hidayat! Eh besok konser AFI2 di monjali! LOL! Deket banget ma rumahku ;P

Chayo!

Comments

  1. Anonymous8:35 PM

    wah... podo sal, aku juga baru aja pergi2... huehueheu...yup!
    taufik ok tuw... gitu dunk... daripada berantem ama orang mending tenaganya dipake buat mempersembahkan medali buat negara tercinta...
    dudul ki delon kok slamet terus , 2 besar pula, siapa aj yg menang kan uda pasti rekaman gituloh... padahal nania ok banget... tapi wingi ak ming delok rekapna :(

    ReplyDelete
  2. Anonymous9:02 PM

    pei...... adi aku dah kmen puanjang tapi lom takpublish trus dc ya udah deh... ga jadi... padahal tadi niat banget, nyaingin postinmu ;p

    ReplyDelete
  3. haduh haduh...yang liburan...ckckck..heheh dinikmati pei... hehehehhh...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Why I hate stereotypes ?

I hate stereotypes. Why? Because it will drag you to become narrow minded in the way of your senses to respect a community. Some people called me terrorist, because I am moslem. Some people called me second level residence, because I am Asian. Some people called me nerd, because I don't drink and don't do shit.Stereotyping and generalization are the basic human being’s reaction. It’s subconscious and is triggered and formed based on our background, education, culture, social upbringing, etc. We can’t help it. And the judgment is personal, individual. Stereotyping is practiced by everyone about other communities or segments of the same community.

Although I hate it, stereotypes are inherent to human nature, and for good reason. We are all stereotypical of fire. We don’t touch it because we know it will burn us. We are told never to touch snakes because they are poisonous. So aren’t we being stereotypical when we don’t go near these things? Aren’t we being stereotypical when we …

Tipe Tipe Dosen Penguji Skripsi

Menurut saya menonton sidang skripsi itu seru dan penting. Seru, karena kita jadi bisa melihat muka nelangsa teman teman kita yang sedang asik dibantai para dosen penguji. Tentu sebagai seseorang yang pernah pendadaran, saya mengerti rasanya tekanan saat sidang dimana sejuta umat manusia beberapa dosen menguji hipotesis dan hasil penelitian saya. Ibarat dosen penguji adalah pemain liga voli, maka mahasiswa yang sidang adalah bola volinya: sering dioper sana sini dalam kebimbangan dan kegalauan. Penting buat ditonton karena sidang skripsi mengajarkan kepada kita bagaimana cara ngeles ala orang berpendidikan. Itu juga adalah momen dimana kita berhak memperjuangkan title geophysicist tanpa perlu bayar SPP dan BOP saben semesternya lagi. Selain itu penting juga buat belajar dari kesalahan orang lain saat sidang supaya kesalahan sama ngga terulang.

Namun, namanya lulus sidang skripsi itu susah susah gampang. Salah satu faktor penentunya adalah dosen penguji. Berikut adalah tipe tipe dosen p…

Review Beberapa Sidang Skripsi (Part 1)

Kalau di postingan sebelumnya sempat ngebahas tentang karakter dosen penguji skripsi, kali ini saya mau fokus me-review sidang skripsi yang saya tonton dalam 3 bulan terakhir. 
Memang sejak kembali ke Indonesia, ada sekitar delapan sidang skripsi S1, dimana lima diantaranya saya tonton. Alhamdulillah delapan mahasiswa ini lulus semua ~ ngga ada yang ngulang. Tiga sidang skripsi yang ngga saya tonton adalah sidangnya Kris'GF07, Gondes'GF06 dan Pai'GF06 - dan sumpah nyesel banget. Terutama skripsi Gondes yang konon dia merangkai dan membuat seismogram sendiri, dipasang di gunung Merapi sendiri, datanya diakusisi sendiri, hasilnya diolah sendiri, diinterpretasi sendiri. Bahkan instrumen seismogram yang dia pasang di gunung Merapi katanya uda hilang ditelan material vulkanik letusan besar tahun 2010 kemarin. Ebuset. Itu butuh pengorbanan waktu dan stamina banget lah. He embraced the philosophy of being a geophysicist. Sangat asolole.
Review yang akan saya berikan tentu saja sang…