Skip to main content

Survey OPMG Part 1

Sabtu, 9 Juli 2005 05:03
Hhhuuaaaaaahhh.... kelopak mata baru kebuka 5 derajat. Reflek ngulet-ngulet dulu. Benerin posisi guling dan bantal. Tidur lagi....

Sabtu, 9 Juli 2005 05:14
Zzzzzzzzttttttttt.....HP di samping tempat tidur getar. Ada sms masuk. Dari Benx'. Ngasiy tau kalo uda nyampe Cirebon kemaren siang *gag penting banget*.

Sabtu, 9 Juli 2005 05:15
Bales sms Benx'. Just want to say good morning. Mata kembali terpejam.

Sabtu, 9 Juli 2005 05:20
Terhenyak... belom sholat subuh. Kali ini bener-bener kudu bangun.

Sabtu, 9 Juli 2005 05:35
Pasca sholat, nyetel Pramborz sambil beres-beres kamar. Debu kamar udah ampir 3 cm. Suara DJ Michael dan kedua partnernya yang kebetulan adalah front office tu radio bikin semangat pagi ini.

Sabtu, 9 Juli 2005 05:50
Matiin Pramborz dan beralih nyetel kompie. Double klik on winamp & milih folder lagu RnB - HipHop - Soul. Kebetulan lagu pertama adalah Gwen yang Hollaback Girl. Bikin semangat euy. Kebetulan lagi ngefans ama ni lagu.

Sabtu, 9 Juli 2005 06:20
Turun dari peraduan kamar. Pesen nasi goreng ama ibu. Nonton berita bentar di metro. Abis itu mandi.

Sabtu, 9 Juli 2005 06:41
Seger.... but, the fried rice wasn't set up yet. A little bit upset. Jam 7 wajib ngumpul di HMGF.

Sabtu, 9 Juli 2005 06:45
Abis ganti baju & prepare buat survey OPMG, siap berangkat. Belom makan pagi neh. But so amazing, -I love u, Mom! - the fried rice was already done. It just took 4 minutes! ;D

Sabtu, 9 Juli 2005 07:07
Fiuuhh... I'm full. Siap buat berangkat survey. Oooppss..udah telat 7 menit neh...

Sabtu, 9 Juli 2005 07:20
Nyampe HMGF. Seperti biasa, adat Indonesia yang hobi ngaret, disana baru ada Mbak Isti, Phitax, Kuya, Nadia, Igor. Baru ada 5 dari 22 orang yang direncanakan ikod.

Sabtu, 9 Juli 2005 08:30
Akirna semuanya lengkap hadir. Ready for blasting to Babatan!

Sabtu, 9 Juli 2005 09.30
Finally, nyampe di Babatan. Ternyata ni lokasina daerah Muntilan, deket Ketep Pass. Tapi lebih Merapi-nya lebih terlihat jelas di Babatan.

Sabtu, 9 Juli 2005 09:55
Rembug rute dari tempat posisi awal ke beskem. Rute dibagi per kelompok. Saya bareng Vegha, Alvan, Wiji. Sebuah kelompok yang siap2 tersesat, karena kita berempat ngerti manajemen kompas & peta kontur juga pas-pasan.

Sabtu, 9 Juli 2005 10:55
Ready to go! Kelompok saya ambil rute kanan jalan. Awalnya jalan bareng rute kelompok Ari.

Sabtu, 9 Juli 2005 11:30
Persimpangan jalan. Kelompok saya dan Ari pisah. Wew, agak serem juga. Soalna -ya itu tadi- kita berempat pas-pasan banget ngerti manajemen kompas & peta kontur. Untung sinyal HP masih ada... *opo maxute??* Ngeplot peta seadanya & sebisanya aja.

Sabtu, 9 Juli 2005 11:45
Persimpangan lagi. Gambling milih jalan. Akirna milih belok kanan.

Sabtu, 9 Juli 2005 11:50
Ngeplot peta lagi. Ketemu Ari di posisi yang berlainan. Ari ada jauh di bawah tebing tempat aku berpijak. Sempet ber-"Heeeeiiii....." ria sejenak.

Sabtu, 9 Juli 2005 12:09
Ngeplot lagi. Pemandangannya keren banget. Kita ada di tebing penambangan pasir. Ada sungai di tengahnya. Awesome!

Sabtu, 9 Juli 2005 12:11
Ketemuan ama penduduk lokal yang abis nanem sayur-sayuran. "Monggo..." - "Nggih..." - "Nderek langkung.." menjadi ajian kalimat favorit wajib sebut tiap ketemu mereka.

Sabtu, 9 Juli 2005 12:30
Persimpangan. Bingung lagi. Kondisi ga memungkinkan buat nembak kompas. Ormed juga ga bisa, soalnya kiri kanan perkebunan orang semua. Feeling deh.

Sabtu, 9 Juli 2005 12:39
Ga yakin jalan yang dilalui bener. Istirahat bentar.

Sabtu, 9 Juli 2005 12:45
Kebelet pipis.

Sabtu, 9 Juli 2005 12:55
Ngeplot lagi. Pemandangannya keren. Keren siy, tapi ternyata kita salah jalan. Gonduk deh.

Sabtu, 9 Juli 2005 13:00
Nerobos kandang sapi punya orang. Udah gitu ditegur ama yang punya. Katanya -dalam bahasa Jawa yang udah di-Indonesiakan- ," Mas...jangan lewat situ. Itu mah ga ada jalan tembusna. Kalo mo ke stasiun Babatan ada juga belok sini trus kesana... " . Kita yang uda ngerasa kayak orang bego langsung ber-" Nggih tho?" ria. Malu.

Sabtu, 9 Juli 2005 13:03
Wangsit dari bapaknya emang kayakna jitu. Tapi butuh stamina yang oke buat lewat jalan sesuai titahnya. Kita berempat sempet kaget. Soalnya kudu lintas 2 punggungan yang notabene curam banget. Mo gimana lagi. The show must go on...

Sabtu, 9 Juli 2005 13:15
Rame-rame tersengal-sengal. Gilak. Capek banget. Udah gitu ternyata kudu lewat 1 punggungan lagi. Wahhh.. bener-bener program pengurusan badan!

Sabtu, 9 Juli 2005 13:25
Kali ini uda nyampe puncak punggungan yang satu lagi. Sebel, soalnya ni punggungan menuju ke arah jalan aspal. Yey, percuma dong kalo lewat jalan aspal. Namanya bukan survey medan. Balik lagi ke punggungan awal. Hosh..hosh..

Sabtu, 9 Juli 2005 13:30
Istirahat bentar. Makan roti basah + jeruk. Sempet nebar tu biji jeruk ke alam bebas.

Sabtu, 9 Juli 2005 13:35
Lanjut perjalanan. Kondisi rute sangat bersahabat. Datar ga naek-turun.

Sabtu, 9 Juli 2005 13:41
Bress!!! Hujan turun! Gilak, ga ada tempat buat teduh badan. Mana si Alvan ga pake jaket!

Sabtu, 9 Juli 2005 13:55
Udan kethek, orang Jawa bilang. Ujannya berenti. Thx God. Ngeplot bentar.

Sabtu, 9 Juli 2005 14:05
Gonduk. Kali ni dihadapkan pada tebing dengan kecuraman yang pantes masuk serial Fear Factor. Si Wiji naek duluan. Kita ber-tiga nunggu di bawah.

Sabtu, 9 Juli 2005 14:15
" Wooooiiii... stasiunna keliatan", ujar Wiji. Dia nyuruh kita lewat jurang aja, coz jalannya nyambung ama tempat dia berdiri.

Sabtu, 9 Juli 2005 14:19
Susur jurang. Serem. Banyak laba-laba. Mirip kayak hutan amazon. Jalannya sempit, cuma 1/2 meter.

Sabtu, 9 Juli 2005 14:23
Gonduk. Jalan lewat jurang ketutup batu segede truk sampah. Percuma. Ga bisa lewat. Balik ke posisi awal.

Sabtu, 9 Juli 2005 14:28
Kita uda nyampe posisi awal, si Wiji malah turun ke jurang dari arah berlawanan. Dodol.

Sabtu, 9 Juli 2005 14:30
Siap naek tebing ala spiderman. Posisi tubuh nempel tu tebing. Kepleset aja bisa fatal.

Sabtu, 9 Juli 2005 14:38
No more spiderman style! Sekarang gilirannya naikin berpuluh-puluh sengkedan dengan ketinggian masing-masing 1,5 meter. Edan.

Sabtu, 9 Juli 2005 14:50
Thx God! Nyampe stasiun neh!!! Disambut dengan suka cita oleh temen2 yang uda nyampe duluan. Langsung bersih diri.

Sabtu, 9 Juli 2005 15:05
Kelompok Ari hadir sebagai kelompok terakir. Abis itu langsung rapat evaluasi survey OPMG hari ini.

Sabtu, 9 Juli 2005 15:27
Ujan turun lagi. Adu debat sengit sedang berlangsung.

Sabtu, 9 Juli 2005 15:59
Akirna diputusin OPMG 2005 berlokasi di Babatan. Seneng, coz it was my wish! So, wish come true deh...

Sabtu, 9 Juli 2005 16:05
Ujan turun. Trus puncak merapi keliatan jelas banget disertai pelangi disampingnya. Keren.

Sabtu, 9 Juli 2005 16:27
Pulang ke Jogja.


[to be continued..]

Comments

  1. Anonymous3:25 PM

    catatan menitan seorang fei ;p

    oi.. linknya jo kaya ngono to...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Why I hate stereotypes ?

I hate stereotypes. Why? Because it will drag you to become narrow minded in the way of your senses to respect a community. Some people called me terrorist, because I am moslem. Some people called me second level residence, because I am Asian. Some people called me nerd, because I don't drink and don't do shit.Stereotyping and generalization are the basic human being’s reaction. It’s subconscious and is triggered and formed based on our background, education, culture, social upbringing, etc. We can’t help it. And the judgment is personal, individual. Stereotyping is practiced by everyone about other communities or segments of the same community.

Although I hate it, stereotypes are inherent to human nature, and for good reason. We are all stereotypical of fire. We don’t touch it because we know it will burn us. We are told never to touch snakes because they are poisonous. So aren’t we being stereotypical when we don’t go near these things? Aren’t we being stereotypical when we …

Tipe Tipe Dosen Penguji Skripsi

Menurut saya menonton sidang skripsi itu seru dan penting. Seru, karena kita jadi bisa melihat muka nelangsa teman teman kita yang sedang asik dibantai para dosen penguji. Tentu sebagai seseorang yang pernah pendadaran, saya mengerti rasanya tekanan saat sidang dimana sejuta umat manusia beberapa dosen menguji hipotesis dan hasil penelitian saya. Ibarat dosen penguji adalah pemain liga voli, maka mahasiswa yang sidang adalah bola volinya: sering dioper sana sini dalam kebimbangan dan kegalauan. Penting buat ditonton karena sidang skripsi mengajarkan kepada kita bagaimana cara ngeles ala orang berpendidikan. Itu juga adalah momen dimana kita berhak memperjuangkan title geophysicist tanpa perlu bayar SPP dan BOP saben semesternya lagi. Selain itu penting juga buat belajar dari kesalahan orang lain saat sidang supaya kesalahan sama ngga terulang.

Namun, namanya lulus sidang skripsi itu susah susah gampang. Salah satu faktor penentunya adalah dosen penguji. Berikut adalah tipe tipe dosen p…

Review Beberapa Sidang Skripsi (Part 1)

Kalau di postingan sebelumnya sempat ngebahas tentang karakter dosen penguji skripsi, kali ini saya mau fokus me-review sidang skripsi yang saya tonton dalam 3 bulan terakhir. 
Memang sejak kembali ke Indonesia, ada sekitar delapan sidang skripsi S1, dimana lima diantaranya saya tonton. Alhamdulillah delapan mahasiswa ini lulus semua ~ ngga ada yang ngulang. Tiga sidang skripsi yang ngga saya tonton adalah sidangnya Kris'GF07, Gondes'GF06 dan Pai'GF06 - dan sumpah nyesel banget. Terutama skripsi Gondes yang konon dia merangkai dan membuat seismogram sendiri, dipasang di gunung Merapi sendiri, datanya diakusisi sendiri, hasilnya diolah sendiri, diinterpretasi sendiri. Bahkan instrumen seismogram yang dia pasang di gunung Merapi katanya uda hilang ditelan material vulkanik letusan besar tahun 2010 kemarin. Ebuset. Itu butuh pengorbanan waktu dan stamina banget lah. He embraced the philosophy of being a geophysicist. Sangat asolole.
Review yang akan saya berikan tentu saja sang…