Skip to main content

Tes Dagadu II

Well, setelah tau lolos seleksi pertama Dagadu, kehidupan saya berubah 180 % .. Hehe, tipu banged. Biasa aja kok. Saya tetep fEySaL yang baik hati dan suka ditraktir.

Pagi ini adalah tes Dagadu part II. Tes-nya berlokasi di AMP YKPN. Sebuah PTS yang berlokasi hanya 500 m barat daya rumah saya! 5 menit jalan aja nyampe bo! Hueheuehue .. konyol. Ehm .. dress-code-nya diwajibkan celana kain (pake jeans = bunuh diri! ), hem (without strange motif), dasi (most hated outfit), dan sepatu vantovel (untung masih punya lungsuran jaman SMA dolo). Jreng! Jadilah saya layakna mahasiswa baru yang mau diospek, karena pake celana + dasi item, hem putih panjang, vantovel *lha punyanya itu jhe*. Sigh! Untung inget punya sweater tanpa lengan warna item, akirna saya pake tu sweater. Lumayanlah, icon ospek lenyap seketika, malah jadinya kayak papan catur soalna putih-item gitu. Huwhuwhuw...

Sampe disana saya langsung dismbut oleh riuh rendah ocehan manusia yang senasib dengan saya, mereka yang ketrima seleksi awal Dagadu. Wuihhh... banyak banget coy yang lolos. 5 juta ada kali ye? Hehe .. ga mungkin, sekitar 200an. Eh, ternyata yang lolos seleksi pertama ini 230 orang. Kita ngalahin 350 orang lainnya yang kurang beruntung. Fufufu ... ya gimana ya? Emang uda takdir gw yang lolos seh *congkak*. Btw, mpe sana yang ada malah grogi. Gimana nggak? Yang cowok rapi2 semua. Yang cewek, anjrit, feminim semua... Yups, it's because their dress code was supposed to be a skirt and shirt. Jarang2 bisa liat begitu banyak cewek pake rok 3/4. Ah, seksi!

Tes pertama, psikotes. Well, it was pretty tough. Agak2 boring pas awal-awal ngerjaiin. Sempet pusing, soalnya diulang2 seh. Tapi gpp, karena multiple choice, ada tu pilihanna yang rada ngaco :

Saya suka apabila nafsu seks saya terangsang berat

GDUBRAKZ! Wow, pilihan psikologis yang "aneh" *iya, nggak Fan?* Ada juga yang laen :

Saya suka sekali menonton adegan, berita, atau film tentang kekerasan terutama pembunuhan

WAAADDDUUUOOHHH.... Emang gw psikopat gitu????

Karena emang rada-rada seperempat ga niat ngerjain, akirna dengan sukses saya keluar dari ruang tes jam 9 (padahal dijadwal kelar jam 10). Trus di luar bengong ndiri mpe akirnya kenalan dengan beberapa human. Yah, lumayan buat nambah temen.

Tes kedua, tes pengetahuan umum. Ini yang paling ditunggu2. Uda semaleman baca kitab suci tentang Jogja. Well, secara garis besar tes terakir ini ada 6 materi. Mulai dari aritmatika, logika, english, translate java-indonesia-engish, menjodohkan java-english, pengetahuan umum Jogja. Haha.. saya emang beruntung udah 13 tahun hidup di Jogja. Ga tau kenapa, secara mentaly, moral saya buat ngerjain ni soal langsung naik. Jadi PD gitu setiap ngejawab pertanyaan. Bab aritmatika mah nothing. Mahasiswa MIPA gitu logh, ditanyain tentang itung2an ... jelas setiap hari itu makanannya. Bab logika juga nothing. Ada soal yang salah ketik tuw. Bab english, lumayan sedikit mikir. Uda lama ga ngerjain soal English seh, jadi lupa2 gitu. Bab
translate java-indonesia-engish, it was my favourite part! Kita disuruh translate sebuah kalimat Jawa ngoko ke dalam kalimat Indonesia dan English. Wah, nglokro tenan. Angel, dab! Salah satu soalnnya gini :

Ora udan ora panas, anake Hani uring-uringan

Trus saya translate ke Indonesia jadi *mbuh bener ora* :

Tidak hujan tidak panas, anaknya Hani selalu marah-marah

Translate ke English :

No wonder rainny or sunny, Hani's child always getting mad.

Wakaka... kacau deh pas ngerjain bagian ini...

Bab
menjodohkan java-english, sebenernya susah-susah gampang. Ada 3 kata kromo inggil dan jarang saya denger muncul. Njuk aku ra ngerti jodone. Huwhuwhuw... T_T Lanjut bab pengetahuan umum Jogja, yang merupakan bab tergampang. Yah, udah 13 tahun di Jogja seh...

Abis ngerjain soal terakir, selesai deh tes pagi itu. Pengumuman tes seleksi II ini tanggal 21 Februari jam 13.00. Doain saya ya. I need a miracle once again. But, ketrima ga ketrima siy sama aja. Nothing to lose.

Chayo!

Comments

Popular posts from this blog

Why I hate stereotypes ?

I hate stereotypes. Why? Because it will drag you to become narrow minded in the way of your senses to respect a community. Some people called me terrorist, because I am moslem. Some people called me second level residence, because I am Asian. Some people called me nerd, because I don't drink and don't do shit.Stereotyping and generalization are the basic human being’s reaction. It’s subconscious and is triggered and formed based on our background, education, culture, social upbringing, etc. We can’t help it. And the judgment is personal, individual. Stereotyping is practiced by everyone about other communities or segments of the same community.

Although I hate it, stereotypes are inherent to human nature, and for good reason. We are all stereotypical of fire. We don’t touch it because we know it will burn us. We are told never to touch snakes because they are poisonous. So aren’t we being stereotypical when we don’t go near these things? Aren’t we being stereotypical when we …

Tipe Tipe Dosen Penguji Skripsi

Menurut saya menonton sidang skripsi itu seru dan penting. Seru, karena kita jadi bisa melihat muka nelangsa teman teman kita yang sedang asik dibantai para dosen penguji. Tentu sebagai seseorang yang pernah pendadaran, saya mengerti rasanya tekanan saat sidang dimana sejuta umat manusia beberapa dosen menguji hipotesis dan hasil penelitian saya. Ibarat dosen penguji adalah pemain liga voli, maka mahasiswa yang sidang adalah bola volinya: sering dioper sana sini dalam kebimbangan dan kegalauan. Penting buat ditonton karena sidang skripsi mengajarkan kepada kita bagaimana cara ngeles ala orang berpendidikan. Itu juga adalah momen dimana kita berhak memperjuangkan title geophysicist tanpa perlu bayar SPP dan BOP saben semesternya lagi. Selain itu penting juga buat belajar dari kesalahan orang lain saat sidang supaya kesalahan sama ngga terulang.

Namun, namanya lulus sidang skripsi itu susah susah gampang. Salah satu faktor penentunya adalah dosen penguji. Berikut adalah tipe tipe dosen p…

Review Beberapa Sidang Skripsi (Part 1)

Kalau di postingan sebelumnya sempat ngebahas tentang karakter dosen penguji skripsi, kali ini saya mau fokus me-review sidang skripsi yang saya tonton dalam 3 bulan terakhir. 
Memang sejak kembali ke Indonesia, ada sekitar delapan sidang skripsi S1, dimana lima diantaranya saya tonton. Alhamdulillah delapan mahasiswa ini lulus semua ~ ngga ada yang ngulang. Tiga sidang skripsi yang ngga saya tonton adalah sidangnya Kris'GF07, Gondes'GF06 dan Pai'GF06 - dan sumpah nyesel banget. Terutama skripsi Gondes yang konon dia merangkai dan membuat seismogram sendiri, dipasang di gunung Merapi sendiri, datanya diakusisi sendiri, hasilnya diolah sendiri, diinterpretasi sendiri. Bahkan instrumen seismogram yang dia pasang di gunung Merapi katanya uda hilang ditelan material vulkanik letusan besar tahun 2010 kemarin. Ebuset. Itu butuh pengorbanan waktu dan stamina banget lah. He embraced the philosophy of being a geophysicist. Sangat asolole.
Review yang akan saya berikan tentu saja sang…