Skip to main content

Tentang Geofisika 2012


Ngga terasa hampir genap 1 tahun berlalu sejak sebagian anak GF'11 berhasil saya kelabui dan kerjain (baca disini). Paling heroik itu ya waktu Ekrar nge-chat saya, trus ngira saya adalah anggota GF'10 dan ujung"nya ngajak futsal bareng. Yang bikin kocak itu adalah gaya dia yang ogah menggunakan kata ganti orang pertama seperti 'saya, aku, daku, kulo', tetapi lebih suka memanggil nama dirinya sendiri sekaligus disingkat menjadi krar. Mmmm rada gemana getohh ya. Udah namanya cuma 5 huruf, masih disingkat pula sama dia -_- . Bukti kisah kenistaan saya ngerjain Ekrar bisa ditonton dsini.

Sewaktu nggarapi GF'11, kondisinya memang lagi berbeda sekali. Waktu itu saya masih di America. Masih berjibaku dengan proyek thesis yang sangat menyita waktu. Serasa hidup ini cuma untuk menjadi budak sahaya yang kerja di lab 20 jam sehari. Deadline padat, kerjaan ngga kelar kelar. Belum lagi kondisi musim panas yang bikin Colorado, yang memang sudah aslinya kering, menjadi super kering. Tobat soto babat! Jadi bisa dibilang nggarapi GF'11 itu sebagai salah satu hiburan tersendiri ~ haha!


Tahun berganti tahun, kini giliran maba GF'12 yang menjadi 'target'. Bedanya dengan GF'11, kali ini saya sudah balik ke Indonesia. Idealnya sih proses ngerjainnya harusnya bisa lebih optimal, mengingat ngga ada lagi perbedaan waktu 14 jam kayak dulu. Berbicara tentang GF'12, jumlah mereka katanya sih ngga memecahkan rekor jumlah mahasiswa GF'11. Sekitaran 80an orang saja. Cukup banyak kalau dibandingkan angkatan saya (mau tahu berapa jumlah GF04? baca dsini). Trus jebolan SMA 1 Yogyakarta cuma 1 orang, beda sama angkatan sebelumnya yang mencapai 4 orang. Kebanyakan dari mereka meng-add saya sebagai teman FB sehabis saya di-add di group GF'12 sama tim humas OPMG (thank berat Alan !). Ketika sebagian requests mereka saya approve, entah kenapa sebagian dari mereka ini nganggep kalo saya maba juga alias GF2012 or at least bukan GF04. Berikut beberapa cuplikan chat SKSD mereka :


GF'12-dari-pulau-seberang : halo
me : ya?
GF'12-dari-pulau-seberang : GF'12 ya?
me :  sepertinya sih iya, kalau situ ?
GF'12-dari-pulau-seberang : iya, halo brader (sok akrab beud) .. uda registrasi ?
me : (yang ngga ngerti registrasi apaan) mmm ... udah, rame banget dah, parah hampir telat tadi (improvisasi geje banget -_-)
GF'12-dari-pulau-seberang : ohh, kalau saya tadi cepet ko .. karena datengnya sebelum jam 11.46 (heran kenapa bisa akurat 11.46?). Geofisika pil ke berapa?
me : kedua
GF'12-dari-pulau-seberang : pil pertama apa?
me : arsitek (padahal saya ngga bisa gambar -_-)
GF'12-dari-pulau-seberang : (habis ngecek profile ane kayaknya) dari bogor naik apa?
me : motor
GF'12-dari-pulau-seberang : jauh ngga sih Bogor-Jogja (the HELL??? -__- orang mana sih ini).
me : ngga kok, lebih deket daripada Jakarta-Bali.


GF'12-rese' : eh kamu.
me : oi
GF'12-rese' : anak gf kah (ngga nanya angkatan, tumben) ?
me : iya
GF'12-rese' : oh gitu, undangan atau tulis?
me : tulis
GF'12-rese' : oh beda ya sama aku, aku undangan. Kenapa kamu ngga ikut undangan? Gampang logh padahal seleksinyaaaahhh. Aku tuh ngerasa beruntung banget bisa masuk UGM lewat jalur ini gila, UGM bro, susah masuknyaa (heran kok ada maba kayak gini? Cocok buat di-FALCON PUNCH)


GF'12-stalker : halo mas, senior gf ya ?
me : (alhamdulillah akhirnya ada yang nyadar!) iya
GF'12-stalker : mas, kok bisa S2 segala sih? Di luar negeri pula.
me : wait what? (sumpah ini salah satu chat agak ngeri, baru kenalan 2 baris uda diinterograsi tentang personal story in life)
GF'12-stalker : share ya mas kisahnya
me : (masih rada ngeri - iki sopo tho yo) share apanya?
GF'12-stalker : ya itu gimana biar bisa kayak mas feisal ... angkatan 2004 ya mas? wow SMA 1 Jogja, pantes ya emang keliatan dari sananya .. pasti aktif di kampus nih? trus apa aja suka dukanya mas? ikutan UKM apa mas? kok masih bisa sih bagi waktunya? kalau aktif di kepemudaan masyarakat tar ngefek di kuliah ngga ya mas? cari beasiswa gimana caranya mas? aku pengen kerja pas kuliah mas ,, masnya dulu kerja juga? kalo hmgf itu dimana ya mas? saya kemarin main ke mipa selatan, tua ya mas gedungnya, trus gedung disampingnya itu punya MIPA juga ngga? kalau mipa utara mipa selatan itu bedanya apa?
me : .... (langsung shut down)
GF'12-stalker : halo mas ?


GF'12-asli-jogja : GF12 ya?
me : iya nih
GF'12-asli-jogja :  bisa bahasa jawa ngga ?
me : ha? (opo urusanmu jal?)
GF'12-asli-jogja : kalau di UGM harus bisa bahasa Jawa lho.
me : oh gitu ya, emang kenapa kalau ngga bisa?
GF'12-asli-jogja : soalnya sebagian kuliah di UGM pake bahasa Jawa (DAFUQQ, sejak kapan -______- bayangkan ujian kalkulus pake bhs Jawa)



GF'12-ketipu2x : halo kawan GF12
me : halo juga kawan ... 
GF'12-ketipu2x : kamu uda daptar .... blablablabla ....
me : belum, rencana sih besok ... blablablabla ....
(intinya ni orang sotoy tingkat kelurahan banget, SKSD level ceribel ... sampai beberapa hari kemudian ketemu di dunia online lagi ...)
GF'12-ketipu2x : maaf kak, saya pikir GF12
me : wahaha, gapapa
GF'12-ketipu2x : saya ngga tau kalau ternyata kakak GF11
me : .... (grubrak!)
(lanjut sotoy 2.0, SKSD bertingkat ... sampai beberapa hari kemudian ketemu di dunia online lagi ...)
GF'12-ketipu2x : waaa maaf kak, saya ngga tau kalau kaka GF04 (malu berat)
me : hahahahahahaha (modarooooo)

Itu cuma sekelumit cerita chatting sama GF'12. Tapi diantara para GF'12 SKSD ini ada satu anak yang saya saluti karena ni anak sopan. S.O.P.A.N.B.A.N.G.E.T. Terutama mengingat dia sedang chat sama (yang ngakunya) temen angkatan. Mana ada sih orang lagi ngobrol sama teman angkatan sendiri kok gayanya pake ber-'maaf'-'tolong'-'terimakasih'-'mohon'-'berkenan'-ria segala. Jarang kan? Yang ada malah saya luluh dengan kepolosan dia dan ngaku kalo saya GF'-04 haha.

Selain itu ada juga satu anak GF'12 yang pemikirannya lebih dewasa ketimbang umurnya. Kalau chat sama dia dibalesnya lamanya minta ampun. Tapi biasanya kalau chat sama ni orang, agak bermutu topiknya. Berikut adalah kutipan dia pas lagi 'menasehati' saya :


iya kak sbnrnya sdh problem bgsa kita, kebanyakan pemerintah mikirin perut gendutnya doang n ga mikirin pemuda2 intelektual tk diminta mbgn bangsanya, karena gaada perhatian itulah makanya kebykan pemuda intelek kita saat ini malahan senang kerja n menetap diluar ketimbang negeri sndiri
nanti kalo kk disana, jgn lupa serap ilmu yg sbyk2nya ya, sedot semua ilmu sampai kering ato perlu fotokopi buku mereka semua krim pada kami2 yg ad disini, kyk zaman restorasi meiji oleh kaisar endo di japan dulu


Etdaahhh berat kan? Restorasi Meiji? Yang saya inget malah eskrim Meiji, haha. Sementara saya masih hobi karaoke Iwak Peyek, ini anak sudah bisa berorasi bak menteri pendidikan -____-.

Tapi paling seru adalah ketika saya datang menghadiri undangan buka bersama GF'12 di SS Sagan. Waktu itu ad invitation dari Farah dan Avis. Yaudah lah ya, sebagai orang berdomisili di Jogjakarta, kenapa menyia"kan event ini. Akhirnya saya klik 'going' di event invitation di FB itu.

Kira kira sepuluh hari kemudian, akhirnya hari itu dateng juga. Sebagai alumni magabut tentu saya ngga mau dateng sendirian. Akhirnya saya ajak jugalah tim PPT (Para Pencari Takjil) Geofisika : Sony'07, Prita'06, Ayu'11, dan Binar'11. Kita berlima ngga janjian mo berakting ria didepan mereka, tapi astaga demi apa mereka justru berdandan lebih all-out ketimbang saya: Sony dengan jeans robek & jaket buntung multicolor (sangat ABG), Binar dengan hoodie UGM (macem maba baru ketrima UMPTN trus bangga dengan kampusnya barunya), Ayu dengan tas SMAnya, dan Prita dengan jeans belel dan kaos kerahnya (so teenager banget). Kecuali Prita, kami berempat dikira GF'11. Tapi Prita sendiri, yang datengnya telat (as always), dateng dengan akting sangat memukau. Begitu nyampe lokasi, di langsung akting salaman sama seluruh maba cewek GF'12, trus salaman sama Sony-Binar-Ayu-saya sambil bilang "Saya Prita ... " ,, hahaha semprul. Karena dikira GF'11, beberapa maba cowok GF12 pada nanya pertanyaan so absurd geje yang saya sendiri jujur ngga tau jawabannya, semacam:

  • Mas, besok ospek fakultas harus cepak ya?
  • Mas, kenapa maba UGM ngga boleh bawa motor?
  • Kak, kalau OPMG itu tidurnya di rumah penduduk?
  • Bro, cari bahan bahan ospek dimana ya?

The hell ... mana gw tauuuu. Sayangnya dunia peraktingan ini ngga berlangsung lama. Abis magrib dan abis kenyang, kami berlima memutuskan untuk membuka topeng ini. Tentu kami ngga pengen bikin histeria 1 restaurant SS dengan teriak pake mic, " Selamattt malam GF'12! Kita berlima bukan maba logh !! Woohoo ,, tapi kita tetap bergoyang bersama sama ya! Asolole! ", disusul suara petasan dan kembang api. No. Terlalu norak. Kami membongkar topeng ini dengan perlahan tapi pasti. 

Dimulai dari perkenalan ulang dari kami berlima yang disambut muka lho-ada-apa-ini-apa-yang-terjadi oleh sebagian besar GF'12. Trus saya mulai memperkenalkan jati diri para PPT satu persatu. Dimulai dari Ayu dan Binar yang memang aslinya GF'11, jadi mereka ngga terlalu antusias/kaget. 

Terus lanjut ke Sony. Dengan menggunakan prolog, " .... mas-nya yang satu ini bukan GF'11 lho ... dia salah satu alumni cum-laude di Geofisika ...", sontak muka" GF'12 langsung ber-WOW-ria. Soncek yang lagi diomongin malah pasang muka ndembig. Pas disebut Sony adalah angkatan 07, mereka semua kaget dan pasang muka masak-sih-yang-bener. 

Terus lanjut ke Prita. Dibuka dengan deskripsi, " ... mbaknya ini sudah 2x kehilangan sepeda ... ", berlanjut ke " ... di alumni GF06 yang sekarang lagi S2 di Geologi UGM ...". Muka muka maba langsung ber-WAH-gila-keren-banget. Prita sendiri agak mutung, karena dia pengennya akting ini berlanjut sampai OPMG (haha scenario tahun depan?). Trus lanjut ke saya. 

Entah siapa gitu diantara Sony, Prita, Ayu, dan Binar yang bilang, " ... nah iki yang paling tua ... " sambil nuding nuding ke muka saya. Asem. Terus akhirnya saya ya ngaku kalau saya GF'04. Lagi lagi, muka muka GF'12 langsung kecut ngga percaya. WTF, mungkin itu bathin mereka. Haha.  Intinya betapa GF'12 yang berjumlah 13 orang sore itu KAGET BANGET tau Sony itu 07, Prita itu 06, dan saya sendiri 04. Kaget ndlongop gitu lho. Shock to the max. Hahaha. Sayang aksi ini ngga saya rekam (yang lupa bawa memory card camera). :(


 Bukber sama GF'12, hahaha.

Para senior jahil.

Well GF'12, selamat datang di UGM ya! :)


Comments

  1. Anonymous11:18 PM

    hwakakakakakakakakakakaka sumpah ngakak poll,wis lah kepingin weruh langsung aku bocah2 e,hahahahahaha

    ReplyDelete
  2. Anonymous11:18 PM

    Padahal soko ambune wae wis ketok nek angkatan tuwo ya... Wah do mampet irunge ki.

    ReplyDelete
  3. Anonymous11:21 PM

    haha, lucu2 ceritane , aku malah baru tau ada kejadian kyk gini.

    ReplyDelete
  4. HAHAHHAHAHAHA antara 2004-2012 agak jauh lo rentangnya, masih aja dikira maba :D lucu-lucu deh anak GF 2012..

    ReplyDelete
  5. luwih parah dibanding gf11 biyen, sumpah saya ngakak baca postingan ini,hahha
    padahal ketemu langsung, kok bisa mereka ga nyadar kalau mas fei, mas son n mbak prita senior, lupa bawa kacamata kali ya :p

    ReplyDelete
  6. mahardhika12:41 AM

    LOL hahahahaa , dulu aku liat profilnya mas fei dulu sebelum chat , jadi ngga ketipu deh :p #curhat

    ReplyDelete
  7. Kevin Pato 123:38 AM

    HAHAHAHA onde mande ternyata ad jga anak presiden lgi berorasi disana, mendingan masuk jrusan IPS aj gan, ngambil jrusan hukum ato apa gitu.... Ni anak kesasar kali ya milih Geofisika >:o

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kevin Pato 123:44 AM

      sungguh malangnya kamu naak :D

      Delete
  8. GF'125:36 AM

    huehehehe nice posting mas fei, iya ada beberapa yang taunya mas fei itu se angkatan atau malah kakak angkatan atas. untungnya saya jarang online chat hehehe. maaf ya mas angkatan saya attitudenya blm baik :D bs buat koreksi diri nih

    ReplyDelete
  9. waaw, ternyata gf12 juga ga kalah unyu dari gf11, ada yang sok narsis, pede2, bahkan ketipu ampe 2x, wkwkwk tapi salut juga ama gf12 yang pemikirannya lebih dewasa ketimbang umurnya, ( restorasi meiji? apa itu ? hahaha)

    Good job buat tim PPT dan selamat datang gf12! :D

    NB; si Binar, ( dengan hoodie UGM, macem maba baru ketrima UMPTN trus bangga dengan kampusnya baruny ) kebetulan aku juga beli satu lo mas feyy, hahaha

    ReplyDelete
  10. Bubar2!!
    Ini versi sesepuh ngibul, versi maba yg tertipu; cupunis.blogspot.com ! Ahahaa

    Maaf ya Mas Fei.

    ReplyDelete
  11. Anonymous3:49 PM

    wah mbok ojo ngisin2i

    ReplyDelete
  12. hahaha parah dah mas fei keliatan kaya maba darimananya :p

    ReplyDelete
  13. Anonymous4:06 PM

    hahaha berbakat deh mas fei jadi agen CIA, jago nyamar 8)

    ReplyDelete
  14. bwahaha..
    Ngakak tingkat dewa Mas Fey..

    ReplyDelete
  15. lol, dua tahun berturut2 jadi langganan 'dikira-mahasiswa-baru'.
    pertanyaannya : kok harus mas fey sih?? --"

    ReplyDelete
  16. huwahahaha.. chatting nya parah abis mas.
    Semoga saya juga bisa lulus cumlaude dan S2 di luar negeri dah. Aamiin.
    Haha...

    ReplyDelete
  17. Replies
    1. waaaaa dikomen sama condrooooo :))

      Delete
  18. Anonymous10:31 PM

    Mantap Mas Fei
    Penasaran sama yang chatnya tentang orasi. siapa ya?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Why I hate stereotypes ?

I hate stereotypes. Why? Because it will drag you to become narrow minded in the way of your senses to respect a community. Some people called me terrorist, because I am moslem. Some people called me second level residence, because I am Asian. Some people called me nerd, because I don't drink and don't do shit.Stereotyping and generalization are the basic human being’s reaction. It’s subconscious and is triggered and formed based on our background, education, culture, social upbringing, etc. We can’t help it. And the judgment is personal, individual. Stereotyping is practiced by everyone about other communities or segments of the same community.

Although I hate it, stereotypes are inherent to human nature, and for good reason. We are all stereotypical of fire. We don’t touch it because we know it will burn us. We are told never to touch snakes because they are poisonous. So aren’t we being stereotypical when we don’t go near these things? Aren’t we being stereotypical when we …

Tipe Tipe Dosen Penguji Skripsi

Menurut saya menonton sidang skripsi itu seru dan penting. Seru, karena kita jadi bisa melihat muka nelangsa teman teman kita yang sedang asik dibantai para dosen penguji. Tentu sebagai seseorang yang pernah pendadaran, saya mengerti rasanya tekanan saat sidang dimana sejuta umat manusia beberapa dosen menguji hipotesis dan hasil penelitian saya. Ibarat dosen penguji adalah pemain liga voli, maka mahasiswa yang sidang adalah bola volinya: sering dioper sana sini dalam kebimbangan dan kegalauan. Penting buat ditonton karena sidang skripsi mengajarkan kepada kita bagaimana cara ngeles ala orang berpendidikan. Itu juga adalah momen dimana kita berhak memperjuangkan title geophysicist tanpa perlu bayar SPP dan BOP saben semesternya lagi. Selain itu penting juga buat belajar dari kesalahan orang lain saat sidang supaya kesalahan sama ngga terulang.

Namun, namanya lulus sidang skripsi itu susah susah gampang. Salah satu faktor penentunya adalah dosen penguji. Berikut adalah tipe tipe dosen p…

Review Beberapa Sidang Skripsi (Part 1)

Kalau di postingan sebelumnya sempat ngebahas tentang karakter dosen penguji skripsi, kali ini saya mau fokus me-review sidang skripsi yang saya tonton dalam 3 bulan terakhir. 
Memang sejak kembali ke Indonesia, ada sekitar delapan sidang skripsi S1, dimana lima diantaranya saya tonton. Alhamdulillah delapan mahasiswa ini lulus semua ~ ngga ada yang ngulang. Tiga sidang skripsi yang ngga saya tonton adalah sidangnya Kris'GF07, Gondes'GF06 dan Pai'GF06 - dan sumpah nyesel banget. Terutama skripsi Gondes yang konon dia merangkai dan membuat seismogram sendiri, dipasang di gunung Merapi sendiri, datanya diakusisi sendiri, hasilnya diolah sendiri, diinterpretasi sendiri. Bahkan instrumen seismogram yang dia pasang di gunung Merapi katanya uda hilang ditelan material vulkanik letusan besar tahun 2010 kemarin. Ebuset. Itu butuh pengorbanan waktu dan stamina banget lah. He embraced the philosophy of being a geophysicist. Sangat asolole.
Review yang akan saya berikan tentu saja sang…